Lampiran Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

UPPS

Program Studi

NoNomor butirKeterangan
Ijin operasional Program Studi PIAUD
191.1Envisioning Program Studi PIAUD
1.1Rencana Operasional Program Studi PIAUD
1.1.aKejelasan dan kerealistikan visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi
1.1.bStrategi pencapaian sasaran dengan rentang waktu yang jelas dan didukung oleh dokumen
201.2Sosialisasi visi-misi. Sosialisasi yang efektif tercermin dari tingkat pemahaman seluruh pemangku kepentingan internal yaitu sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan
Sosialisasi melalui Sosial Media Facebook
Sosialisasi melalui Website
Sosialisasi melalui Youtube
212.1Tata pamong menjamin terwujudnya visi, terlaksananya misi, tercapainya tujuan, berhasilnya strategi yang digunakan secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil
2.1.aTata pamong yang kredibel
2.1.bTata pamong yang transparan
2.1.cTata pamong yang akuntabel
2.1.dTata pamong yang bertanggungjawab
2.1.eTata pamong yang adil
222.2Karakteristik kepemimpinan yang efektif (kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, kepemimpinan publik)
232.3Dokumen pengelolaan program studi
242.4Dokumen tentang jaminan mutu
252.5Penjaringan umpan balik dan tindak lanjutnya
262.6Upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program studi
273.1.1Daftar lulusan dalam lima tahun terakhir (termasuk IPK)
3.1.1.aRasio calon mahasiswa yang ikut seleksi terhadap daya tampung
3.1.1.bRasio mahasiswa baru reguler
3.1.1.cRasio mahasiswa baru transfer terhadap mahasiswa baru regular
3.1.1.dRata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) selama lima tahun terakhir
283.1.2Penerimaan mahasiswa non-reguler
293.1.3Penghargaan atas prestasi mahasiswa di bidang nalar, bakat dan minat
303.2Dokumen pendukung pelayanan kepada mahasiswa
313.3.1Dokumen (kuesioner dan hasil) kinerja lulusan oleh pihak pengguna
323.4Laporan kegiatan himpuni alumni
334.1Pedoman Tertulis tentang sistem seleksi, perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan
334.1.2Perekrutan Dosen
334.1.4Pembinaan dan Pengembangan Dosen dan Tenaga Kependidikan
334.1.5Retensi Dosen Dan Tenaga Kependidikan
344.2.1Pedoman Tertulis tentang monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan tenaga kependidikan
354.2.2Bukti tentang kinerja dosen dibidang pendidikan,
364.3.1Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS
4.3.1.aDosen tetap berpendidikan (terakhir) S2 dan S3 yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi PS
4.3.1.bDosen tetap yang berpendidikan S3 yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi PS
4.3.1.cDosen tetap yang memiliki jabatan lektor kepala dan guru besar yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi PS
4.3.1.dFotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS
374.3.2Fotokopi ijazah dan sertifikat pendidik dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS
384.3.3Rata-rata beban dosen per semester, atau rata-rata FTE (Fulltime Teaching Equivalent)
394.3.4Data aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS
4.3.44.3.4 & 4.3.5 Kesesuaian keahlian (pendidikan terakhir) dosen dengan mata kuliah yang diajarkannya
4.3.44.3.4 & 4.3.5 Tingkat kehadiran dosen tetap dalam mengajar
404.5.1Tenaga ahli – pakar sebagai pembicara dalam seminar/pelatihan, pembicara tamu, dsb, dari luar PT sendiri
414.5.2Peningkatan kemampuan dosen tetap melalui program tugas belajar dalam bidang yang sesuai dengan bidang PS
424.5.3Kegiatan dosen tetap dalam seminar ilmiah/ lokakarya/ penataran/ workshop/pagelaran/pameran/peragaan
434.5.4 Bukti pencapaian prestasi/reputasi dosen
444.5.5 Reputasi dan keluasan jejaring dosen dalam bidang akademik dan profesi
454.6.1 Fotokopi ijazah dan sertifikat tenaga kependidikan
4.6.1.aPustakawan
4.6.1.bLaboran, analis, teknisi, operator
4.6.1.bSertifikat pelatihan dan pengembangan tenaga kependidikan
4.6.1.cTenaga administrasi
465.1.1Kompetensi Kurikulum
5.1.1.aStruktur kurikulum
5.1.1.bOrientasi dan kesesuaian kurikulum dengan visi dan misi PS
475.1.2.Silabus dan SAP Mata Kuliah
5.1.2.aKesesuaian mata kuliah dengan standar kompetensi
5.1.2.bPersentase mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas (PR atau makalah) ≥ 20%
5.1.2.cMatakuliah dilengkapi dengan deskripsi matakuliah, silabus dan SAP
485.1.3Fleksibilitas mata kuliah pilihan
495.1.4Substansi praktikum dan pelaksanaan praktikum
505.2 Dokumen pendukung kegiatan peninjauan kurikulum
5.2.aPelaksanaan peninjauan kurikulum selama 5 tahun terakhir
5.2.bPenyesuaian kurikulum dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan
515.3.1 Dokumen pendukung monitoring perkuliahan.
5.3.1.aPelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan
5.3.1.bMekanisme penyusunan materi perkuliahan
525.3.2Mutu soal ujian
535.4.1Sistem pembimbingan akademik
5.4.1.aRata-rata banyaknya mahasiswa per dosen Pembimbing Akademik per semester
5.4.1.bPelaksanaan kegiatan pembimbingan akademik
5.4.1.cJumlah rata-rata pertemuan pembimbingan akademik per mahasiswa per semester
545.4.2Efektivitas kegiatan pembimbingan akademik
555.5Pembimbingan Tugas Akhir dan Skripsi
5.5.1.aKetersediaan panduan, sosialisasi, dan penggunaan
5.5.1.bRata-rata mahasiswa per dosen pembimbing tugas akhir
5.5.1.cRata-rata jumlah pertemuan/ pembimbingan selama penyelesaian TA
5.5.1.dKualifikasi akademik dosen pembimbing tugas akhir
565.5.2 Rata-rata waktu penyelesaian penulisan tugas akhir
575.6Upaya perbaikan sistem pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir
585.7.1Kebijakan tentang suasana akademik
595.7.2Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika
605.7.3Program dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik
615.7.4Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa
625.7.5Pengembangan perilaku kecendekiawanan
636.1 Keterlibatan program studi dalam perencanaan target kinerja, perencanaan kegiatan/ kerja dan perencanaan/alokasi dan pengelolaan dana
646.2Besarnya dana (termasuk hibah) yang dikelola dalam tiga tahun terakhir
656.2.2 Dana penelitian dalam tiga tahun terakhir
666.2.3Dana yang diperoleh dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dalam tiga tahun terakhir
676.3.1Luas ruang kerja dosen
686.3.2Prasarana yang dipergunakan PS dalam proses pembelajaran
696.3.3Prasarana lain yang menunjang (misalnya tempat olah raga, ruang bersama, ruang himpunan mahasiswa, poliklinik)
706.4.1Bahan Pustaka
6.4.1.aBuku teks
6.4.1.bSkripsi, tesis, dan disertasi
6.4.1.cJurnal nasional
6.4.1.dJurnal internasional
6.4.1.eProsiding
716.5.1 Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan PS dalam proses pembelajaran
726.5.2Aksesibilitas data dalam sistem informasi
737.1.1 Jumlah penelitian yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS per tahun, selama 3 tahun
747.1.2 Keterlibatan mahasiswa yang melakukan tugas akhir dalam penelitian dosen
757.1.3Jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS per tahun, selama tiga tahun
767.1.4 Karya-karya PS/institusi yang telah memperoleh perlindungan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dalam tiga tahun terakhir
777.2.1Jumlah kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS
787.3.1Kegiatan kerjasama dengan instansi di dalam negeri dalam tiga tahun terakhir
797.3.2Kegiatan kerjasama dengan instansi di luar negeri dalam tiga tahun terakhir
80Dokumentasi
video
Fasilitas terpusat (laboratorium,Perpustakaan, pengelola sistem informasi)